Please Enable Javascript for Optimal Feature Usage Then Refresh This Page

COMPANY PROFILE PASSIVE RADAR PROTOTYPING BY ITB-BALITBANG KEMHAN RI

Cinematography

727 0 0

COMPANY PROFILE PASSIVE RADAR PROTOTYPING BY ITB-BALITBANG KEMHAN RI

Cinematography


You've liked some projects from this user.

VISITOR COMMENTS
Please log in to post visitor message..
 
PROJECT BY

ABOUT THE PROJECT
Client : PT. LAPI ITB

Passive Radar adalah sistem perangkat pendeteksi target layaknya radar konvensional namun tanpa mentransmisikan sinyal ke target yang dimaksud. Sebagai bagian dari Electronic Warfare, Passive Radar berperan penting dalam melakukan fungsi deteksi target menggunakan sinyal referensi atau sumber sinyal tertentu termasuk mengetahui lokasi sumber sinyal serta melakukan tracking.
Pada tahun 2018, telah dilakukan pengembangan Radar Pasif tahun ke II sebagai kerjasama antara ITB dengan Balitbang Kemhan RI Bidang Matraudara sebagai kelanjutan kegiatan pengembangan tahun sebelumnya.

Sistem Passive Radar ITB-Kemhan memiliki tiga fungsi utama yaitu Passive Coherent Location (PCL), Passive Emitter Tracking (PET) dan IFF/ADS-B receiver. PCL adalah fungsi deteksi target menggunakan sinyal referensi dari stasiun radio FM, stasiun TV dan BTS GSM. PET adalah fungsi untuk mengetahui lokasi sumber sinyal musuh dan target serta melakukan tracking posisi sumber sinyal musuh dan target. Sedangkan IFF/ADS-B receiver berfungsi menerima sinyal IFF/ADS-B untuk kemudian dilakukan decoding dan penjejakan target. Hasil deteksi yang diperoleh dari tiga fungsi utama tersebut selanjutnya diproses dan digabungkan menjadi informasi yang ditampilkan oleh konsol dan display.


- Kementrian Pertahanan Republik Indonesia

Uploaded 20 September 2020

TAGS

STATISTICS
727 views
0 likes
0 comments