Please Enable Javascript for Optimal Feature Usage Then Refresh This Page

OTAK-OTAK BAKAR KHAS TANJUNG PINANG

Infographic

599 1 0

OTAK-OTAK BAKAR KHAS TANJUNG PINANG

Infographic


Otak-otak bakar khas tanjung pinang by bamkuhenn (bamkuhenn),infografis
Otak-otak bakar khas tanjung pinang by bamkuhenn (bamkuhenn),infografis
Otak-otak bakar khas tanjung pinang by bamkuhenn (bamkuhenn),infografis
You've liked some projects from this user.

VISITOR COMMENTS
Please log in to post visitor message..
 
PROJECT BY

ABOUT THE PROJECT
Brief:

Bagi kamu yang suka ngemil pasti sudah tidak asing lagi dengan otak-otak. Camilan yang satu ini memang paling enak disantap untuk menemani waktu bersantai. Otak-otak biasanya terbuat dari ikan tengiri yang dihaluskan, dicampur dengan tepung kanji dan aneka bumbu rempah. Adonan itu dikukus (otak-otak kukus yang kemudian tinggal digoreng sebelum dinikmati) atau dibungkus daun pisang lalu dibakar hingga matang.

Mencari hidangan otak-otak pun tidak terlalu sulit. Hampir di setiap sudut kota pasti ada penjaja kaki lima yang menjual otak-otak. Atau kalau mau rasa yang lebih mantap, cobain deh otak-otak bakar di daerah pesisir pantai. Konon, otak-otak di daerah tersebut lebih sedap karena daging ikannya segar dan langsung ditangkap dari perairan sekitar.

Tak terkecuali dengan otak-otak bakar khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Camilan gurih yang satu ini sepertinya jadi salah satu panganan yang wajib dicoba jika berkunjung ke Tanjung Pinang. Jika dilihat sekilas, mungkin tak ada bedanya dengan otak-otak bakar biasa. Tapi coba kamu lihat dengan seksama, otak-otaknya dibungkus dengan daun kelapa lho!

"Ini khasnya Tanjung Pinang, otak-otak dibungkus pakai daun kelapa. Soalnya kalau pakai daun pisang dia mudah gosong dan daun kelapa bikin rasanya lebih sedap," kata Casmuti kepada Okezone, juru masak otak-otak di resto TCC Sop Tulang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Bahan utama otak-otak yang digunakan agak berbeda dari biasanya. Camilan ini terbuat dari ikan tengiri, tepung kanji, diisi potongan sotong alias cumi-cumi dan diberi bumbu genep.



"Selain bumbu genep, otak-otaknya juga pakai daun jeruk dan ketumbar. Ini yang bikin otak-otak jadi lebih wangi. Cabai merah juga pakai, makanya warnanya merah. Kalau otak-otaknya putih, dia enggak pakai cabai," tambahnya.

Untuk menikmati otak-otak bakar khas Tanjung Pinang ada 3 cara. Bisa dimakan langsung, dicocol ke saus kacang seperti otak-otak biasa atau dicelup ke saus khas dengan campuran cabai m

Uploaded 10 February 2020

TAGS

STATISTICS
599 views
1 likes
0 comments