Please Enable Javascript for Optimal Feature Usage Then Refresh This Page

WICARITA WAYANG JAWA PART.III - RAMAYANA

Animation, Digital Art, Graphic Design, Illustration

460 3 0

WICARITA WAYANG JAWA PART.III - RAMAYANA

Animation, Digital Art, Graphic Design, Illustration


Wicarita Wayang Jawa part.III - Ramayana by Ophand Albana (ophanda),animasi,seni digital,desain grafis,ilustrasi
Ada sebuah kalimat apik yang cocok untuk mengawali cerita ini: "Laki-laki biasa memiliki satu kepala, tapi di dalamnya ada seribu wanita. Sedangkan Rahwana memiliki sepuluh kepala, namun di dalamnya hanya ada Shinta." Dewi Setyawati namanya, ialah yang berhasil merebut hati Rahwana ketika suatu pagi raksasa itu melihatnya tengah bertapa. Rahwana jatuh cinta pada pandangannya yang pertama. Kelak di kemudian hari, Rahwana menyadari tidak ada yang bisa menggantikan posisi Setyawati di hatinya. Terlebih ketika dewi berparas cantik itu mendahuluinya meninggalkan dunia ini. Hatinya remuk redam menyaksikan kepergian cintanya. Dia bertekad akan mencari sosok yang menjadi titisan dewi itu. Menunggunya sampai kapanpun. Bertahun-tahun kemudian, di ujung penantiannya yang menyisakan keputusasaan, dia melihat Shinta. Hati yang selama ini layu mendadak kembali bergejolak. Senyum di wajahnya merebak. Akhirnya, setelah ribuan purnama terlewati, dia berhasil menemukan titisan Dewi Setyawati. Sayang, Shinta yang dinantinya telah menjadi istri Rama. Terlintas di pikiran Rahwana untuk merelakan Shinta, tetapi hatinya menolak. Diapun kemudian memutuskan memperjuangkan cintanya, mempertaruhkan nyawanya, dengan menculik Shinta. Tiga tahun lamanya menculik Shinta, tak pernah sekalipun dia menyakitinya. Dia bahkan menempatkan dewi itu di Taman Argasoka yang indah. Perlahan, Shinta pun mulai merasakan ketulusan Rahwana. Kerajaan Alengkadireja yang suram dan bengis mendadak berubah jadi penuh kedamaian sejak dirinya ditawan di sana. Shinta agak tergoda, tapi di sisi lain dia tak mau menghianati suaminya. Pada akhirnya, Rahwana binasa. Tapi bisa jadi, jiwanya pergi dengan tenang, sebab dia sudah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mendapatkan kembali cinta sejatinya. "Karena setiap karya punya cerita." Dramarupa.
You've liked some projects from this user.

VISITOR COMMENTS
Please log in to post visitor message..
 
PROJECT BY

ABOUT THE PROJECT
Ramayana adalah salah satu epos terbesar yang berasal dari India. Kisah Ramayana mempunyai banyak versi dengan berbagai penyimpangan isi cerita, di berbagai negara di dunia, bahkan termasuk di India sendiri.

Di Indonesia, kisah Ramayana diwartakan sejak sekitar 7 sampai 8 abad yang lalu. Melalui alur cerita dan karakter tiap tokohnya, Ramayana menyajikan banyak pelajaran dalam hidup, tentang keteladanan, kebenaran, keadilan, kepahlawanan, persahabatan, juga percintaan. Cerita Ramayana makin diterima di Jawa, setelah melalui pertunjukan wayang (wayang orang, wayang kulit purwa termasuk sendratari).

Namun, seiring berkembangnya zaman, pertunjukan wayang semacam itu jadi kurang populer terutama di kalangan generasi millenial dan generasi Z. Dengan semangat untuk mengenalkan budaya wayang Jawa lebih luas lagi kepada generasi muda, saya dan Dramarupa mencoba mengolah cerita wayang dalam bentuk karya visual, ilustrasi digital.

Uploaded 22 August 2021

TAGS

STATISTICS
460 views
3 likes
0 comments