Please Enable Javascript for Optimal Feature Usage Then Refresh This Page

DAYUNG SAMPAN

Digital Art, Illustration

3088 27 3

DAYUNG SAMPAN

Digital Art, Illustration


Dayung Sampan by Resatio (Resatio),seni digital,ilustrasi
You've liked some projects from this user.

VISITOR COMMENTS
Please log in to post visitor message..
PROJECT BY

ABOUT THE PROJECT
Dayung Sampan
An art work Rupanada Exhibition

Orang-orang Betawi merupakan penduduk lokal yang tinggal di sekitar Batavia (sekarang jakarta).Kebudayaan Betawi sangat terpengaruh oleh banyak kebudayaan lain karena letak geografis Jakarta yang merupakan kota pelabuhan. Penduduk Jakarta kebanyakan adalah keturunan Asia Tenggara seperti Melayu, Sunda, Jawa, Bali, Minang dan keturunan asing seperti Portugis, Belanda, Cina dan Arab.

Banyaknya etnis yang mendiami Jakarta mengakibatkan akulturasi budaya yang tidak dapat dihindarkan. Salah satu hasil akulturasi budaya tersebut adalah terciptanya lagu Dayung Sampan.

Lagu Dayung Sampan yang diciptakan pada masa kolonial, merupakan lagu bergaya Gambang Keromong, sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat-alat musik Tiong Hoa. Lagu ini sangat populer pada tahun 1920-an, lalu dipopulerkan kembali pada tahun 1970 saat Teresa Teng menyanyikan lagu ini dalam Bahasa Indonesia, lalu menyanyikannya kembali dengan bahasa Mandarin dan mempopulerkannya ke seluruh Asia.

Lagu ini sangat menarik karena merupakan lagu daerah dari Jakarta yang mempunyai pengaruh budaya Tiong Hoa yang sangat kental. Lagu ini menyadarkan kita bahwa kebudayaan Indonesia itu sangat beragam. Tidak hanya terbatas budaya lokalnya saja, tapi budaya hasil akulturasi pun sangat menarik.

www.rupanada.com

Uploaded 17 May 2014

TAGS

STATISTICS
3088 views
27 likes
3 comments