Please Enable Javascript for Optimal Feature Usage Then Refresh This Page

(MASIH) MENCARI SOLUSI

Comic

856 2 0

(MASIH) MENCARI SOLUSI

Comic


(Masih) Mencari Solusi by Komik Salsa (komiksalsa),comic
Selengkapnya di komiksalsa.wordpress.com
You've liked some projects from this user.

VISITOR COMMENTS
Please log in to post visitor message..
 
PROJECT BY

ABOUT THE PROJECT
Jumat (14/11), saya menghadiri diskusi yang membahas kebakaran hutan. Menghadirkan narasumber yang keren-keren, Greenpeace, Perspektif Baru, Walhi dan saya yakin perwakilan organisasi lingkungan hidup yang lain juga hadir. Perwakilan masyarakat Riau yang menjadi korban asap pun dihadirkan untuk memberikan gambaran buruknya suasana asap di sana kepada peserta yang hadir.

Pembukaan acara dimulai dengan memutar film tentang lingkungan hidup. Saya tidak menonton karena telat :p. Pembicaraan dimulai dari jam 7. Saya menyimak sampai saya rekam diskusi ini. Alhamdulillah saya mendapatkan ilmu yang lebih. Ada yang menarik dari diskusi ini yaitu teknologi yang digunakan untuk mendeteksi asap/kebakaran melalui satelit dengan pencitraan yang sangat detil. Mulai dari hotspot (titik api) sampai nama lahan yang terbakar (misal, wilayah Taman Nasional). Teknologi ini bisa kita lihat di http://www.globalforestwatch.org (bukan promosi).

Ada yang lebih menarik lagi, saya berbincang dengan salah satu peserta umum (bukan wartawan yang hadir). Dia mengatakan ini bukanlah solusi, tapi hanya memberikan penjelasan dan website tersebut juga tidak bisa menjadi acuan untuk menangkap pelaku kebakaran sehingga untuk dibawa kejalur hukum masih tidak bisa.

Saya kira hanya saya yang merasakan itu, orang lain juga. Tapi menurut saya diskusi ini memberi titik terang kepada hutan Indonesia yang tertutup asap. Oh iya diskusi ini juga mendorong presiden RI, Ir. Joko Widodo untuk melakukan blusukan asap ke wilayah hutan yang terbakar. Harapannya presiden dapat mengintruksikan kepada jajarannya untuk memperhatikan hutan dan merevisi serta memperkuat regulasi perlindungan gambut.


Uploaded 17 November 2014

TAGS

STATISTICS
856 views
2 likes
0 comments